BIMTEK PEMBUATAN PAKAN TERNAK ALTERNATIF

25 Juli 2024 21:27:15 WIB

Pemerintah Kalurahan Serut melaksanakan Kegiatan Bimbingan Teknis Pembuatan Pakan Ternak Alternatif pada Kamis (25/07/2024). Kegiatan tersebut berlangsung di Balai Kaluraha Serut mulai pukul 09.00 WIB sampai dengan selesai turut dihadiri Narasumber dari Puskeswan Nglipar, Jawatan Kemakmuran Gedangsari, Pamong Kalurahan serta peternak.

Dalam sambutannya Nuri Kasanah selaku Carik Serut berharap peserta dapat memanfaatkan ilmu yang didapat dari bimtek sehingga dapat dipraktekan dan disebarluaskan kepada masyarakat mengingat pentingnya menjaga kecukupan pakan ternak dikarenakan Kalurahan Serut merupakan daerah rawan kekeringan yang mengakibatkan kesusahan mencari pakan ternak di musim kemarau.

Poly Kristianto, S.STselaku Narasumber menjelaskan problem peternakan antara lain budidaya ternak masih sambilan, kurang wawasan bisnis, tradisionil, skala kecil dan kemarau susah pakan, pentingnya pakan sebagai sumber energi untuk pemeliharaan tubuh, pertumbuhan dan perkembangbiakan ternak.

Menjelaskan tujuan pembuatan pakan fermentasi/alternative adalah mengatasi kekurangan pakan saat musim kemarau dengan pemanfaatan dan pengawetan bahan baku lokal yang tersedia. Menjelaskan berbagai macam bahan, alat dan cara pembuatan pakan ternak fermentasi. Penjelasan Ciri-ciripakan alternatif yang baik serta cara pemberian ke ternak.

Selanjutnya dilaksanakan praktek pembuatan pakan ternak fermentasi.

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung