Pelatihan Sistem Informasi (SID/SIKAB)

21 Maret 2023 20:16:38 WIB

Serut (21/03/2023). Pada hari Selasa (21/03/2023) bertempat di Aula Kapanewon Gedangsari telah dilaksanakan pelatihan Sistem Informasi Desa (SID/SIKAB) mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan selesai. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Bappeda Gunungkidul, Wahyu (Jurnalis),Panewu Gedangsari, Administrator, Operator serta Jurnalis SID se Kapanewon Gedangsari.

                “updating data SID perlu dilakukan setiap saat tanpa harus menunggu perintah dari OPD kabupaten serta menyelesaikan pengentryan di bulan Oktober” tutur Rifai pembicara dari Bappeda Gunungkidul. Selain itu juga diperlukan indicator-indikator dalam memasukkan data DTKS ke dalam SID sebagai acuan penentuan pemberian program bantuan dari pemerintah daerah khususnya program PIWK antara lain RTLH, Jamban Sehat, PAH serta alat bantu untuk penyandang disabilitas.

                Selanjutnya Wahyu menjelaskan tata cara menjadi jurnalis yang baik dan benar menggunakan 5 prinsip dasar dalam menulis berita yaitu berdasarkan fakta, singkat, padat dan jelas, menggunakan kalimat umum, menggunakan rumus 5w 1h serta struktur piramida terbalik. Selain itu juga diajarkan teknik wawancara antara lain menetukan topik/masalah, memahami masalah yang ingin ditanyakan, menentukan narasumber, menyiapkan pertanyaan (5w 1h) dan ijin/membuat janji dengan narasumber.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung