PEMBENTUKAN/PENGEMBANGAN DESA TANGGUH BENCANA (DESTANA) DI DESA SERUT

13 Juni 2019 15:11:20 WIB

Pada hari ini Kamis, 13 Juni 2019 Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gunungkidul melaksanakan kegiatan Pembentukan/Pengembangan Desa Tangguh Bencana (Destana) yang diadakan di Balai Desa Serut.

Peserta sosialisasi sebanyak 35 orang yang terdiri dari perwakilan perangkat desa, Babinsa, Karang Taruna, Ibu-ibu PKK, anggota BPD, dan tokoh masyarakat. Destana adalah Desa yang memiliki kemampuan mandiri untuk beradaptasi dan menghadapi potensi ancaman bencana, serta memulihkan diri dengan segera dari dampak-dampak bencana yang merugikan.

Strategi Ketangguhan Masyarakat :

  1. Menjauhkan Masyarakat dari Bencana
  2. Menjauhkan Bencana dari Masyarakat
  3. Hidup Harmonis dengan Bencana
  4. Menumbuh kembangkan dan mendorong kearifan lokal masyarakat dalam penanggulangan bencana

Sasaran dari Destana itu sendiri ialah masyarakat memiliki kesiapan untuk menghadapi bencana dan mengurangi resiko serta memiliki ketahanan. Di dalam kegiatan ini terlihat bahwa potensi ancaman bencana yang ada di Desa Serut adalah gempa bumi, tanah bergerak, longsor, bencana sosial, kekeringan, dan angin puting beliung.

Dalam pembentukan Desa Tangguh Bencana Desa Serut, direncanakan sampai 10 kali pertemuan, dengan materi dan rencana yang telah disusun oleh BPBD. Setelah diadakannya kegiatan pembentukan Desa Tangguh Bencana diharapkan akan terbentuk anggota Tim Penanggulangan Bencana, Tim Pengurangan Resiko Bencana, dan anggota Relawan yang dapat berperan aktif dalam penyusunan dokumen kebencanaan tingkat desa. Dan dengan adanya dokumen kebencanaan dan rencana aksi komunitas PRB Desa Serut, maka masyarakat Desa Serut mampu meningkatakan kapasitas diri dalam menghadapi bencana yang mungkin terjadi.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung